Selasa, 28 Januari 2014

Lamborghini Miura (Mobil super tercantik Era 60-an & Tercepat Tahun 1963)

Lamborghini Miura lahir dari perancang muda bertangan dingin, Marcello Gandini dari rumah desain Bertone. Tahun 1965 Nuccio Bertone terkesan dengan sasis P400 Lamborghini pada Turin Motor Show tahun 1965.
Lalu tak lama kemudian ia menawarkan rancangan badan untuk P400 kepada Ferrucio Lamborghini.

Rancangan itu bernama Miura dan diungkap pada Turin Motor Show tahun berikutnya. Publik otomotif sangat menyukai mobil konsep Miura bahkan menyebutnya sebagai mobil tercantik didunia. Tak hanya cantik, Miura P400 membukukan rekor kecepatan pada tahun 1967 dengan 275 km/jam yang di tes media motor. Respon yang luar biasa membuat Lamborghini bernafsu untuk cepat memproduksi Miura, bahkan bisa dibilang terburu-buru.

Hasilnya adalah Miura yang cacat pada kecepatan tinggi diproduksi awalnya. Namun bagi suka kenyamanan berkendara, lupakan mengendarai mobil ini. Karena Miura adalah Murni mobil super performa sejati. Kursi dan pedal yang keras, tak ada pendingin udara, suara mesin dan udara yang masuk ke dalam kabin begitu hebatnya (Anda pun tak bisa mengurangi suara mesin dengan musik yang keras karena tidak ada peranti radio atau musik di dalamnya). Sayangnya Miura hanya diproduksi 5 tahun sebanyak 765 buah dikarenakan datangnya perlawanan super luar biasa lainnya, yaitu Lamborghini Countach.
image from: http://www.freefever.com/stock/lamborghini-miura-wallpaper.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar