Senin, 03 Februari 2014

Oldsmobile Toronado (Mobil Pemakai Airbag Pertama Dunia)

Toronado adalah mobil kupe dua pintu yang dibuat pabrikan Oldsmobile pada tahun 1966 sampai 1992. Mobil mewah ini terkenal karena pertama kalinya sebuah mobil menggunakan piranti keselamatan kantung udara atau airbag pada tahun 1947.


Mobil ini juga yang pertama kali menggunakan sistem penggerak roda depan di Amerika Serikat. Kantung udara yang dikenal sebagai airbag merupakan perangkat keselamatan kendaraan bermotor modern.

Dalam kecelakaan lalulintas antara mobil dengan kendaraan lain atau objek tetap, pengemudi dan penumpang dilindungi dengan suatu kantung udara yang mengembang dalam hitungan milidetik. Dengan kata lain, airbag adalah peranti keselamatan berupa kantung udara yang disematkan pada dashboard atau kemudi mobil yang secara otomatis akan menyembul ketika mobil mengalami tabrakan.

Pada awalnya kantong udara hanya digunakan pada tempat pengemudi yang ditempatkan pada roda kemudi. Belakangan ini jumlah kantong udara juga digunakan untuk penumpang yang duduk di kursi depan, dan ada kendaraan yang juga menempatkan pada kursi belakang, termasuk yang ditempatkan di pintu untuk mengantisipasi tabrakan dari samping.
image from:http://testdrivejunkie.com/wp-content/uploads/1976-oldsmobile-toronado.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar